Tuesday, 2 July 2013

Share on :
Edit Template Blog Murah Meriah | Hub. 0812-8654-0040

Review Film Kera Sakti (Journey To The West 1996&1998)

Kera Sakti (1996 & 1998)


“Seekor kera terpuruk,terpenjara dalam gua…Di gelombang sunyi tempat hukuman para dewa…”


Masih ingat dengan potongan lirik lagu diatas ? Yap,lagu tersebut merupakan soundtrack film Kera Sakti (Dubbing indonesia) yang dulu pernah ditayangkan di Indosiar dan TPI (sekarang MNC TV).Diceritakan,seekor kera bernama Sun Gokong yang dilahirkan dari batu dan suka membuat onar.Gokong menjadi pemimpin dari pasukan kera di gua Suilien,Gunung Hwak wo dan suka bertindak jahil.Sejak kecil gokong punya rasa ingin tahu yang tinggi dan bertemu dengan putri kipas dan Raja Kerbau disebuah perguruan.Gokong kecil lalu berteman dengan mereka dan diajak ikut menjadi murid di perguruan itu.

Namun sang Guru menolaknya karena dia bersumpah tidak menerima murid dari golongan bukan bangsawan,namun melihat keinginan gokong yang kuat,Si Guru itupun akhirnya mau mengajarkan ilmu bertarung pada Sun Gokong,anehnya Gokong menguasai ilmu yang diajarkan lebih cepat dari murid lainnya dan menjadi yang paling cerdas.Sampai akhirnya Gokong menjadi besar dan kembali ke Gua Suilien.Merasa ilmunya cukup hebat,Gokong melakukan banyak aksi usil termasuk membasmi semua siluman.Suatu hari dia bisa mencapai kahyangan dan membuat kerusakan disana,Akhirnya dia ditangkap dan dimasukkan ke tungku api sebagai hukumannya karena lancang menantang raja kahyangan.Namun bukannya menjadi abu,didalam tungku itu Gokong malah menelan pil api ditungku itu hingga membuatnya memiliki mata api (kemampuan untuk mengetahui wujud asli siluman).

Karena sulit ditangkap,Buda Julai pun turun tangan dan menantang Gokong untuk lepas dari telapak tangannya.Karena kesombongannya,Gokong menerima tantangan itu dan hasilnya dia malah tergencet disebuah gunung yang disegel mantra.Buda Julai mengatakan kelak 1000 tahun lagi akan ada orang yang membebaskannya.Hari-hari awal dalam hukumannya itu Gokong berontak dan protes,meski tubuhnya digencet tapi kepalanya masih terlihat,Gokong sering berteriak minta ampun agar dilepaskan Budha Julai.1000 tahun kemudian Gokong mendapati orang yang dijanjikan Budha Julai akan datang itu,Gokong akhirnya terbebas dari gencetan selama 1000 tahun.

Tapi karena masih liar,Dewi Kuan Im menyuruh Tong San Chong memberi Gokong semacam mahkota,yang jika dibacakan mantra bisa membuat yang memakainnya merasa kesakitan dan pusing berat.Gokong sebenarnya juga punya senjata berupa Toya Sakti yang ia dapat dari salah satu dewa di lautan.Selain Gokong,ada juga murid lainnya dari Biksu Tong,yaitu Cupatkai (Panglima Tiang Feng).Patkai ini dulunya panglima besar dikahyangan yang jatuh cinta pada Chang e,namun cintanya bertepuk sebelah tangan karena Chang e lebih memilih pria lain.Untuk mendapatkan cinta Chang e itu,Tiang Feng melakukan pelanggaran terhadap aturan kahyangan hingga membuatnya dihukum menjalani reinkarnasi derita 1000 tahun cinta.

Setiap kehidupannya setelah reinkarnasi akan dipenuhi cinta yang tak terwujud hingga membuatnya menderita.Karena terlalu sering menderita,waktu akan dimasukkan sumur neraka untuk reinkarnasi lagi,Tiang Feng melawan penjaga neraka,tapi karena insiden dia malah terpeleset dan masuk ke sumur kehidupan binatang,sialnya kali itu dia  reinkarnasi jadi babi.Cupatkai ini waktu masih jadi panglima perang pernah ditugaskan melawan Sun Gokong dalam bentuk aslinya dan berhasil memotong ekornya hingga wujudnya berubah.Sifat Cupatkai ini sangat playboy..begitu melihat wanita cantik kupingnya pasti bergerak-gerak dan keluar air liur dari mulutnya.

Selain Patkai,satu lagi murid Biksu tong,yaitu Wuching,dia dulunya anggota pasukan kahyangan yang terlibat konflik karena merasa paling cerdas.Makanya dia dihukum disuatu tempat dengan selalu dikejar-kejar 7 anak panah hingga menderita,tak Cuma itu..kecerdasannya juga diambil dan dia jadi orang bodoh.Selesai menjalani  hukuman,wuching malah menjadi siluman yang berdiam didasar laut dan suka makan daging orang-orang.Pertemuannya dengan Biksu Tong berawal saat Biksu Tong,Gokong dan Patkai sedang menyeberang lautan dengan kapal,wuching yang tau daging Biksu Tong bisa membuatnya abadi itu,lalu memutuskan menculiknya dan membawa kedasar laut untuk dimakan.Gokong yang takut air kebingungan menyelamatkan gurunya.

Akhirnya timbul ide untuk membawa Gokong ke dasar laut dengan cara digendong oleh patkai sementara ruhnya Gokong akan keluar sementara sampai ke dasar laut.Biksu Tong yang pasrah membuat wuching bingung karena tiap makhluk yang akan dia makan selalu ketakutan tidak seperti Biksu Tong.Mendengar penjelasan biksu Tong wuching akhirnya sadar dan bertobat dan setelah itu akan menjadi murid ke 3 biksu Tong.Dalam perjalanan mereka ke barat untuk mencari kitab suci,banyak sekali siluman yang mengahadang.Gokong yang setia selalu jadi yang terdepan melindungi gurunya.

Ada banyak episode penting saat melawan siluman,seperti adegan yang mengharukan saat melawan Siluman tengkorak putih dimana Gokong diusir gurunya karena diduga membunuh manusia (padahal itu jelmaan siluman tengorak putih),lalu ada juga adegan Gokong menjadi buta karena matanya terkena asap di sebuah gunung ketika berhadapan dengan siluman mimpi,saat itu Putri Kipas dan Raja Kerbau juga ikut terlibat bertarung.Karena buta,Gokong dibawa oleh Wuching untuk menemui Dewi Kuan Im di sebuah hutan,saat itu Wuching tak tahu lokasinya jadi dia menggendong Gokong berlari hanya mengikuti arah matahari.

Ada juga episode saat melawan siluman Lipan yang sangat kuat,bahkan Gokong kerepotan menghadapinya karena dia menculik Biksu Tong dan berubah wujud menjadi persis dengan Biksu Tong.Siluman Lipan ini berkedok ingin menyelamatkan desa dengan membasmi semua siluman,tapi bukannya dibunuh,siluman yang dikalahkan justru disedot energinya dengan tujuan agar Siluman Lipan ini jadi tambah kuat.Saat menghadapi siluman Ular,Gokong juga kerepotan,sampai-sampai dia harus mengambil pusaka kotak Pandora dari Raja Naga Laut untuk memutar waktu sebelum biksu Tong mati.

Episode melawan siluman Buah Pir juga menarik,Buah itu berubah jadi siluman kuat dan dengan segala kemampuan Gokong,Patkai dan Wuching dengan susah payah menghadapinya.Bahkan gokong sampai minta bantuan dewa Angin untuk meminjamkan Labu sakti yang bisa menyedot siluman untuk mengalahkan siluman buah Pir itu.Di episode lain,Gokong bertarung menghadapi Siluman Singa,Rusa dan Kambing yang menghasut Raja dan berpura-pura menjadi penasehatnya untuk kemudian membunuh Raja dan menjadi pemimpin kerajaan.Mengetahui Biksu Tong dan ketiga muridnya yang datang ke wilayahnya,ketiga Siluman itu menyarankan agar membunuh Tong San Chong karena dia dianggap membawa bencana dan malapetaka.Di Episode ini Gokong menantang ketiga siluman itu dalam sebuah lomba : Lomba pancung,berendam di air sangat panas dan lomba mendatangkan hujan.

Masih ada lagi episode yang seru,yaitu waktu Gokong Ditangkap dewa Erlang dan anjing kahyangan,dia diberi pilihan mau kabur atau melihat semua kera di gunung suilien yang ditangkap dan dimasukkan penjara itu mati.Gokong akhirnya menyerahkan diri.Didalam pagoda Gokong harus menjawab pertanyaan dari Dewa Harimau (penjaga pagoda itu) dan dengan sedikit trik Gokong mengelabuhi Dewa Harimau yang sebenarnya juga temannya,tapi harus melaksanakan perintah Raja Kahyangan untuk menjaga Gokong dalam pagoda.Dewa Erlang sebenarnya,adalah anak dari campuran Dewa dan Ibunya seorang siluman.Karena Erlang ingin membebaskan Ibunya yang dikurung di gunung,Erlang berlatih keras agar bisa menjadi panglima kahyangan.

Erlang sempat melanggar aturan menemui Ibunya,untuk membebasan Ibunya ,Raja Kahyangan memberi Syarat agar Erlang mampu membunuh/menangkap 10.000 siluman,tapi karena rasa kangen yang kuat sebelum sampai membunuh 10.000 siluman Erlang berusaha meruntuhkan gunung untuk membebaskan ibunya,padahal anjing kahyangan sudah mengingatkannya agar Erlang tidak melakukan hal itu,tapi tak juga didengarkan.Selain episode diatas,masih ada yang seru lagi..waktu ada Kera Kecil yang memakan buah sakti dan berubah jadi raksasa.

Raja Bumi saat itu menangkapnya dan berencana mengaraknya keliling kerajaanTapi Kera itu lepas dari kurungan dan menghancurkan seisi kerajaan.Patkai saat itu berubah jadi babi karena sebuah kesalahan dan wuching juga kehilangan tenaganya,sementara Gokong masih terjebak dalam Pagoda Sakti.Nyawa rakyat dan kerajaan termasuk Biksu Tong terancam..Pasukan Kahyangan yang diturunkan tak mampu menandingi Kehebatan Kera Kecil yang berubah jadi Raksasa itu,sampai kejadian lama terulang..saat itu Patkai yang dilemparkan Wuching ke udara berhasil memotong Ekor Kera Raksasa itu dan wujudnya kembali jadi kecil.

Peristiwa itu sama persis saat Tiang Feng memotong ekor Gokong.Dan dari semua musuhnya,yang paling seru adalah ketika melawan Kera Tumpai,seekor Kera yang sama kuatnya dengan Gokong dan merasa lebih pantas mendampingi Biksu Tong mencari kitab suci.Gokong dimasukkan dalam piringan besar dan tak bisa keluar hingga ilmunya hilang.Akhirnya dengan bantuan seekor Gajah,piringan itu diinjak berhasil dirusak dan Gokongpun bisa keluar,kemudian bertarung dengan Kera Tumpai.Pertarungan ini juga melibatkan Dewa Erlang yang membantu Gokong menyelamatkan rakyat keranya,walau cuma sekali.

Akhir episode Sun Gokong ini,adalah ditemukannya Kitab Suci dan masing-masing murid Biksu Tong diangkat jadi Dewa,Gokong jadi Dewa Perang,Patkai jadi Dewa Cinta,Sementara Wuching jadi Dewa Kecerdasan.Wah,pas episode terakhirnya mengharukan banget..dulu aku nontonnya episode 1 sampai tamat dan tak pernah kelewatan 1 episode pun,jadi bisa review panjang lebar begini deh..haha ^_^.Pengen rasanya Liat Kera Sakti yang Dubbing Indonesia ditayangkan lagi di TV.Eh,udah dulu ya sob..kayaknya ceritanya udah panjang banget nih,jadi cukup sekian dulu posting kali ini,semoga bermanfaat dan bisa mengingatkan kembali pada Film yang satu ini.Oiya,satu lagi..kalau kalian mau lihat lagi Film Kera Sakti ini bisa menuju ke link dibawah ini :

Kera Sakti 1996 [Download Here]
Kera Sakti 1998 [Download Here]



Review Film Kera Sakti (Journey To The West 1996&1998)

Bioskop Gratis
Jasa Buat Web Murah
Reactions:

14 comments:

  1. Dulu sekitar th 1992 SCTV pernah menayangkan versi awalnya: Journey to the West (1982 - 1987)

    ReplyDelete
  2. @Huda
    bagusan yg th 1996&1998 itu gan klo dibandingkan,aku prtama liat yg di indosiar,sedangkan yg di SCTV blm prnah nonton

    ReplyDelete
  3. Kalo yg di SCTV itu kostum monster siluman dan special efeknya seperti liat tokusatsu jadul kayak ultraman dan kamen rider super one jadi masih terlihat natural belum banyak animasi komputer.

    ReplyDelete
  4. @Huda
    jdi kelihatan jadulnya klo gak bnyk animasi komputernya,yg versi indosiar juga sama kerennya gan^^

    ReplyDelete
  5. kera sakti ditayangin lagi loh setiap malam di Bchannel, jgn lupa ditonton yakkk :D

    ReplyDelete
  6. @Asti Ambar Puspita
    oh,tayang lagi ya.. wah,jdi pengen nonton lagi nih
    thanks infonya sob^^

    ReplyDelete
  7. tp syang benggetz bnyk diputus2

    ReplyDelete
  8. @isan fc
    iya sih,klo tayang sampai tamat kan jdi enak nontonnya

    ReplyDelete
  9. Tadi
    Lomba datangin hujan vs siluman harimau

    O iya
    Jgn lupa dg episode negeri wanita

    ReplyDelete
  10. @fadli-rockstarz
    oh yg itu aku masih ingat,ntar siluman harimau diakalin krn sun gokong minta bantuan dewa angin kan? pake dipaksa2 juga tuh dewa hehe..

    ReplyDelete
  11. yg negeri wanita itu endingnya gmn ya? kok mereka berempat cuman mimpi?

    ReplyDelete
  12. @theinfo1919
    wah aku juga udah lupa gan,seingatku gokong,biksu tong,pat kai sama wuching datang ke negeri yg isinya cewek semua trus pas mereka bangun tidur,tau2 mereka melahirkan anak.Si gokong emosi krn kaget,si wuching malah nangis krn nggk prcaya cowok bisa melahirkan.mereka kerepotan krn bayinya nangis terus

    ReplyDelete
  13. Disiarin lg nih di RTv setiap jam 8 malem.. ga pernah bosen nontonya..

    Ada yg punya info jual dvd nya ga yah..

    ReplyDelete
  14. @anggi
    iya oh,wah bagus klo gitu,tpi saya nggk bsa nonton nih,nggk ada channelnya hehe..
    klo cari yg dvd coba cek di forum2 jual beli gan,mungkin ada yg jual

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan,tanpa ada unsur SARA dan tidak boleh pasang link aktif

Lirik Lagu Terbaru,Music Song Lyrics Update
Dapet Duit Dari Twitter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...